Mengawali Hari

Memulai sesuatu itu mudah yang paling sulit adalah mempertahankannya. Membuat bidang usaha baru itu mudah yang paling sulit adalah mempertahankannya, kita mudah menggelorakan untuk membuat sesuatu yang telah menjadi mimpi kita tapi ternyata tidaklah mudah dalam menajalankannya. Pengorbanan paling mutlak dalam menjalani sesuatu adalah berfikir keras dan lakukan, bukan sekadar uraian kata-kata begini begitu. Kita terkadang menginginkan sesuatu tetapi masih dalam tataran ingin, belum pada tataran kerja nyata atau melakukan sesuatu. Perlu kerja keras dan berfikir tajam dalam mewujudkan keinginan kita, manusia kebanyakan hanya terjebak di angan-angan tinggi dan tidak melakukan sesuatu.

Selama ruh masih di kandung badan, kita wajib mengupayakan apa yang kita cita-citakan.. sekali lagi bukan omdo [omong doang]. Ciri-ciri kita terjebak dalam wacana saja [alias: omdo] adalah kita hanya bisa mengkoreksi pekerjaan orang dan bukan mencari solusi pada uraian kata-kata, tetapi kita sambil ikut serta membantu melakukan terobosan yang kita perlukan bersama.

Yang kedua keingianan yang masih bersifat angan-angan adalah besar nafsu tapi minim perbuatan. Sebagian anak muda itu punya keinginan yang sangat kuat akan sesuatu yang dia cita-ciatakan, namun itu juga hanya di awal semangatnya selebihnya setelah menjalani dan tahu kesuliatannya kita menelikung dan nayaris menyerah. Berbalik dan tak mencobanya kembali. Semangat yang kita miliki harus kita bangun bukan kita tunggu, kita hidup bukan untuk menunggu disemangati orang lain tapi kita harus mampu menyemangati diri sendiri dan orang lain. Kuncinya mewujudkan keinginan itu harus konsisten dan terus mau belajar kekurangan dan kesalahan yang kita lakukan. Kesalahan bukan berarti kafatalan atau kegagaglan, tapi keniscayaan.

Yang ketiga berinisiatif, lakukan sesuatu jangan menunggu untuk diperintah atau disuruh. Berinisiatif berarti lebih cepat melangkahkan ide, gagasan dan konsep. Loh saya ini tidak bisa mengkonsep...? melakukan sesuatu tidak harus menunggu konsep atau ide yang sudah ada tapi berjalan dengan fikiran yang kita miliki jauh lebih baik. Sebagai contoh saat kita ini melihat pemandangan ruang kantor atau rumah kita tidak nyaman, maka yang kita perlukan adalah berfikir bagaimana ruangan atau rumah tersebut nyaman. Berarti yang diperlukan adalah inisiatif melakukan sesuatu tanpa harus menunggu. Inisiatif juga mengjarkan kita untuk hidup lebih teratur dan terarah serta terkonsep.

Sekali lagi ini bukan masalah omdo atau hanya wacana biasa yang saya kemukakan, namun ini adalah kejadaian sehari-hari kita selama ini. Mari banyak memabca, membaca, membaca, menonton dan menulis. Serta berbuat sesuatu yang bermanfaat. 
Previous
Next Post »

supported by