Monday, 23 February 2015

Kejujuran dan Kepercayaan dalam berbisnis
Ini alasan kenapa saya memilih menjadi seorang pebisnis bukan menjadi seorang pekerja yang hanya mengandalkan gaji bulanan dari perusahaan atau bos kita, karena Nabi adalah seorang pedagang (pebisnis) itu saja alasannya. Bisnis itu harus diawali dengan nilai "trust" kepercayaan, menjalani bisnis tanpa adanya kepercayaan mustahil untuk terwujud atau bahkan hanya angan-angan saja. Kepercayaan ini sesuatu yang mutlak tidak bisa ditawar-tawar dan ini modal utama kita dalam melakukan kerja sama. Satu pengkhinat maka tamatlah bisnismu, apalagi banyak pengkhinat itu jauh lebih berbahaya.

Kejujuran sangat berkorelasi dengan "trust" [kepercayaan] yang akan berbuah pada suatu nilai yang tinggi. Kejujuran ini juga diperlukan baik internal perusahaan itu sendiri dan ekternal perusahaan, jika internal kita baik maka eksternal kita juga baik. Bedakan pula menggunakan kepercayaan bukan pula menggunakan keseweangan secara berlebihan yang diberikan oleh atasan atau oleh pemilik modal. Terkadang ada beberapa tipikal orang yang ketika diberi kepercayaan penuh maka dia dengan sesuka hati menentukan kebijakan tanpa mengindahkan aturan dan kebijakan yang ada. Kalau ini sudah terjadi maka bisnis yang kita bangun itu telah mempunyai penyakit dan segera singkirkan jika diobati juga tidak mampu. 

Kejujuran dalam menjalankan bisnis itu seperti bahan bakar yang akan memacu semua mesin perusahaan itu sendiri. Apabila dalam usaha yang kita jalani ada satu orang saja tidak jujur itu juga menandakan bahwa bisnismu diambang kehancuran. Maka bersegeralah mengambil kebijakan untuk segera menelusuri atau mendiagnosa siapa orang itu dan segera singkirkan agar mesin usaha bisa berjalan dengan baik kembali. 

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat