Monday, 27 April 2015

LOGIKA MODERNITAS SUATU BANGSA
"Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.") QS. Al-Hadid : 25).

Hal pertama yang harus kita lihat adalah kemajuan negara seperti AS, simbol pertama kemajuan peradaban AS adalah Patung Liberty yang dibuat dari bahan perunggu (campuran besi). Patung Liberty adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Dan pada tanggal 1984 patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Sejak saat itu hingga sekarang AS menjadi penakluk dunia karena kecapakannya memanfaatkan besi.

Mari lihat Indonesia di suatu masa pada 1960, Presiden Soekarno mencanangkan Proyek Besi Baja Trikora untuk meletakkan dasar industri nasional yang tangguh. Sepuluh tahun kemudian tepatnya 31 Agustus 1970, berdirilah PT Krakatau Steel (Persero) yang memanfaatkan kembali peralatan-peralatan dari proyek itu yang berbentuk pabrik kawat baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. ada 1977, Presiden Suharto meresmikan mulai beroperasinya produsen baja terbesar di Indonesia itu. Sayang pabrik baja terbesar ini telah jatuh ke tangan asing.

Merenungi betapa pemimpin kita sejak dulu telah melogikan nash Qur'an mengejawantah menjadi sebuah peradaban, bagaimana dengan pemimpin zaman ini? Hipnotis keduniaan membuat orang berfikir serba instan, cepat saji dan ingin enaknya saja. Berkorban apalagi merelekan jiwa dan raga demi kemajuan bangsa ini pasti akan bilang emoh.

Mari Bung rebut kembali...
Wallahu 'alam...

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat