Tuesday, 14 February 2017

NILAI DAN KUALITAS BERITA
Berita yang hari ini kita saksikan setiap jam, harus bisa diuji dari nilai dan kualitasnya. Prinsip jurnlistik dalam meliput berita tentu melalui proses wawancara dengan rumus 5W+1H [WHAT, WHO, WHERE, WHENE, WHY & HOW]. Prinsip dasar tersebut yang akan menjadikan seorang wartawan berkualitas atau tidak, jangan-jangan hanya mengejar rating medianya.

Apakah semua kejadian, kepribadian, dan ide bisa bernilai berita? Untuk menguji apakah suatu informasi layak menjadi berita, Mencher-1997 membaginya ke dalam tujuh nilai berita:
1) Timeless: Event that are immediate recent Artinya, kesegeraan waktu. Peristiwa yang baru-baru ini terjadi atau aktual.
2) Impact: Events that are likely to effect many people. Artinya, suatu kejadian yang dapat memberikan dampak terhadap orang banyak.
3) Prominence: Event involving well-known people or institutions. Artinya, suatu kejadian yang mengandung nilai keagungan bagi seseorang maupun lembaga.
4) Proximity: Events geographically or emotionaly close to the reader, viewer or listener. Artinya, suatu peristiwa yang ada kedekatannya dengan seseorang, baik secara geografis maupun emosional.
5) Conflic: Event that reflect clashes between people or institutions. Artinya, suatu peristiwa atau kejadian yang mengandung, pertentangan antara seseorang, masyarakat, atau lembaga.
6) The Unusual: Events that deviate sharply from the expected and the experiences of everyday life. Artinya, sesuatu kejadian atau peristiwa yang tidak biasanya terjadi dan merupakan pengecualian dari pengalaman sehari-hari.
7) The Currency: Events and situations that are being talked about. Artinya, hal-hal yang sedang menjadi bahan pembicaraan orang banyak.

Sayangnya hari ini banyak sekali berita yang kecenderungnnya HOAX alias berita bohong. Kenapa berita semacam ini bisa muncul ke permukaan, inilah yang disebut dengan perang udara. Tanpa tedeng aling-aling antar media mencoba tampil merebut pembaca dan penonton. Maka biasanya kode etik jurnalistik pun diabaikan, yang penting berita tersebut membuat pembaca puas dan senang. 

Anton Mabruri KN - Praktisi Broadcast, Filmmaker & Penulis

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat