Sunday, 19 February 2017

TIPS : Menjadi Video Journalist (VJ) dengan smartphone - (Mobile Journalism)
Istilah ini mungkin asing di telinga kita, namun sebenarnya istilah ini telah lama berkembang. Definisi asli dari Video Journalism menurut wikipedia adalah “Video journalism or videojournalism is a form of journalism, where the journalist shoots, edits and often presents his or her own video material”. Yakni bentuk dari jurnlis/pelaporan peristiwa di mana seorang jurnalis (peliput berita) mengambil materi gambar, menyelia, dan menayangkan videonya sendiri. Saya akan mencoba merujuk istilah tersebut ke dalam istilah Indonesia menjadi Citizen Journlism. Meskipun sebenarnya berbeda, namun dalam melakukan kegiatan di lapangan para Video Journalism (VJ – istilah bekennya) di negara seperti Inggris dan Amerika tentu mereka mengandalkan peralatan kamera profesional untuk merekam semua kejadian yang mereka liput. 

Apakah kita bisa menjadi VJ Mobile?
Sekali lagi, saya akan mencoba mendekatkan istilah VJ dengan Citizen Jourliasm (CJ), karena memang keduanya melakukan peliputan sebuah peristiwa dengan kamera video untuk dilaporkan selekas-lekasnya tanpa menunda (timless). Yang membedakan tentu kemampuan peliputannya, profesi VJ tentu dalam melakukan peliputan lebih profesional dengan dukungan peralatan yang profesional juga. Tidak demikan dengan CJ, mereka biasanaya hanya mengandalkan peralatan kamera seadanya. 

Apa itu Citizen Journlism
Citizen Journalism adalah Jurnalisme warga (bahasa Inggris: citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. (wikipedia) 

Ada 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi CJ, kegiatan tersebut adalah pengumpulan data, pelaporan/peliputan, analisa sebuah peristiwa tentunya semua berbentuk video. Kamu bisa melakukannya dengan bebas selama tetap menjaga kode etik jurnalistik dan menjaga nilai & kualitas berita. 

Apakah kita bisa melakukannya hanya dengan smartphone
Jawabnya sangat bisa, saya bahkan sudah menjelaskan “nge-Vlog Yuk..” dan itu hanya dilakukan dengan smartphone tidak dengan kamera profesional. Saya juga sudah menjelaskan bagaimana membuat film pendek dengan smartphone. Perbedaan mendasar dari film dan jurnlis adalah pada sisi keindahan visual yang dicipta. Di dalam berita/peristiwa shot-shot indah tidaklah penting, tetapi yang mutlak justru adalah nilai kualitas beritanya. Perhatikan jika kamu sering menyaksikan berita reguler kamu akan melihat kualitas gambar yang diciptakan oleh para jurnalis, kamu tidak akan menemukan gambar dengan shot yang indah namun semua mengandung nilai dan kualitas berita


Kira-kira peralatan apa saja yang diperlukan untuk menjadi VJ Mobile atau CJ? 
Ada 4 jenis peralatan penting yang bisa membantu kamu dalam melakukan peliputan. Peralatan tersebut bahkan sangat mudah untuk kamu dapatkan dan murah. Peralatan tersebut antara lain:

  • Smartphone berkemampuan Full HD 
  • Microphone 
  • Tripod, Monopod atau Tongsis dan Camera Stabilization
  • Lighting

Smartphone Berkualitas Full HD
Microphone untuk wawancara
Monopod atau Tongsis

Camera Stabilization

LED Lighting

Bagaimana..? mudahkan menjadi seorang VJ di awali dari CJ hanya dengan smartphone yang kamu miliki, langkah selanjutnya adalah mengeditnya. Saya rasa untuk mengedit video yang telah kamu liput juga tergantung dari kebutuhan, jika kebutuhannya tidak rumit kamu cukup gunakan dengan smartphone yang kamu miliki. Tetapi jika keperluannya agak rumit semisal untuk program feature (dokumenter tv) maka sebaiknya gunakan PC untuk menyelia video hasil liputan.

*Dari berbagai sumber

Oleh : Anton Mabruri (Praktisi Broadcast, Filmmaker, dan Penulis)

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat