Peralatan Utama Studio Televisi


SDA (Sumber Daya Alat) atau sumber daya peralatan studio televisi menurut Herbert Zettl dalam bukunya Television Production Handbook, Ninth Edition. Buku ini menjadi pegangan oleh mereka yang sedang belajar produksi program tv hampir di seluruh dunia. Zettl menyebutkan ada delapan elemen basik peralatan produksi anatra lain:
  1. Camera 
  2. Lighting 
  3. Audio 
  4. Switching 
  5. Videotape recording
  6. Tapeless systems 
  7. Postproduction editing
  8. Special effects
Kedelapan peralatan tersebut menjadi standar studio televisi pada umumnya, baik studio berukuran besar atau pun berukuran mini, yang membedakan hanya banyaknya jumlah peralatan yang melengkapi studio yang Anda bangun. Peralatan tersebut pun menempati ruang yang berbeda-beda, karena biasanya studio televisi terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu studio floor, master/studio control room, master control, dan juga biasanya ditambah dengan studio post production dan ruang make up (studio support areas). Di dalam studio sendiri biasanya terdapat kamera, lighting dan audio. Sedangkan di dalam ruang master control room terdapat video monitor, switcher (video mixer), videotape recoder, audio controle, lighting control, special effects, dan intercom.



Disarikan dari buku "Menjadi Broadcaster TV" ditulis oleh Anton Mabruri KN
Note : Adalah buku versi lengkap untuk para broadcaster dengan bahasan mulai dari pra produksi - produksi dan pasca produksi. 
Previous
Next Post »

supported by