Wednesday, 18 July 2018

Pengantar Editing Film, Video dan Televisi 3
PERANGKAT-PERANTI EDITING
Untuk mengedit sebuah film diperlukan perangkat editing yang memadai dan mumpuni. Untuk keperluan pembutuan film atau video biasanya digunkan digital editing. Proses edit tersebut menjadi tren di kalangan filmmaker zaman sekarang karena lebih simpel, mudah dipelajari dan dioperasikan, serta relatif berharga lebih murah dibandingkan dengan analog editing. Beberapa perangkatnya antara lain :
Satu PC dengan prosesor dan mothherboard generasi pentium IV
Harddisk berkecepatan tinggi untuk pengoperasian editing, dan kapsitas
penyimpanan yang besar untuk menyimpan file hasil capture dan hasil olahan video
Software edit Adobe Premiere Pro, Ulead Video Studio, Pinnecle Studio, Final Cut dll
CD/DVD Room dan DVD-RW/D-RW atau DVD-RW/D-RW Combo
Fire wire dan camcorder untuk proses capturing

DASAR-DASAR PENGETAHUAN EDITING
Secara umum, proses editing video bisa dilakukan dengan dua cara, tergantung pada teknologi mana yang hendak digunakan oleh editor. Dua teknologi tersebut adalah :
1. Linear Editing / Analog
2. Non Linear Editing / Digital

Linear Editing dilakukan secara sederhana dengan pola kerja menata gambar satu demi satu, lalu shot secara urut dari awal hingga akhir sehingga tercipta kesinambungan. Secara teknis, jika editor melakukan kesalahan, dia harus mengulang proses kembali dari titik tempat melakukan kesalahan. Artinya, jika kesalahan berada di titik awal dari seluruh adegan film, maka proses editing harus diulangi dari titik tersebut dan diteruskan ke belakang persis seperti apa yang telah dikerjakan. Penggunaan sistem linear tersebut membuat editor harus lebih berhati-hati dan teliti saat mengatur susunan shot. Secara Non Linear Editing memungkinkan pengeditan gambar bisa dilakukan secara acak. Maksudnya, pengeditan tidak mutlak harus dikerjakan dari awal hingga akhir secara urut. Oleh karena itu, digital editing dipandang lebih mudah dan lebih mengenal kompromi.

Apabila terjadi kesalahan editing, maka editor tidak harus mengulang semua dari titik kesalahan, tetapi cukup memperbaiki kesalahan di titik itu dengan mengubah bentuk hasil edit yang ada di bagian selanjutnya. Tahapan-tahapan editing yang harus dilakukan adalah :
1. Logging
2. Digitizing
3. Offline Editing
4. Online Editing
5. Mixing  

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat