Thursday, 16 August 2018

BEDAH KURIKULUM NASIONAL (KURIKULUM 2013) UNTUK C2 dan C3 BROADCAST TV
Melanjutkan penjelasan dan sekaligus paparan pada C1 yang telah saya bahas sebelumnya, saya juga ingin mengurai di C2 (Dasar Program Keahlian), yang terdiri dari :
Komunikasi Massa
Dasar Seni Audio Visual
Produksi Audio Visual

Pada mata pelajaran tersebut hampir semuanya terdapat dalam buku yang sudah saya terbitkan yakni buku Menjadi Broadcaster TV Vol. 1, kecuali materi Komunikasi Massa. Walaupun sebagian sudah ada yang terdapat dalam buku yang saya tulis. Berikut saya coba bantu uraikan dengan tabel di bawah ini :

Komunikasi Massa
KI : Mengklasifikasi segmentasi audien
KD : Mengidentifikasi segmentasi audien
Literasi : Buku Produksi Program TV Non Drama dan Buku Manajemen Produksi Program TV Non Drama

KI : Memahami dasar-dasar jurnalistik
KD : Menerapkan dasar-dasar jurnalistik
Literasi : Buku Menjadi Broadcaster TV Vol 1

KI : Memahami Undang-Undang dan Regulasi Media Audio Visual
KD : Menalar Undang-Undang dan Regulasi Media Audio Visual
Literasi : Buku Manajemen Produksi Program TV Non Drama pada halaman lampiran yakni UU No. 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran.

Dasar Seni Audio Visual 
Kecuali hanya meteri fotografi yang memang Anda harus mencari literasi lain, dan tak perlu khawatir karena materi tersebut jauh lebih mudah untuk Anda dapatkan. Selebihnya hampir semua materi tersebut sudah terangkum dalam buku MENJADI BROADCASTER TV VOL. 1. Cek daftar isi buku di sini.

Produksi Seni Audio Visual
Dari hasil dengar pendapat dengan teman-teman di SMK Broadcast ini banyak salah kaprah dalam menyampaikan materi ini. Padahal materi Produksi Seni Audio Visual tersebut adalah bagain produksi konten televisi untuk format Berita & Olahraga dan Non Drama. Baik dokumenter atau feature, maka dalam alokasi jam mencapai 11 jam dikarenakan siswa-siswi wajib praktik membuat konten tersebut. Dengan porsi pembagian semester 1 produksi berita & olahraga sedangkan di semester 2 mereka menggarap feature atau dokumenter. Pandaun lengkapnya sudah saya tulis di dalam buku Menjadi Broadcaster TV Vol. 1 ada pada halaman lampiran.

Untuk C3 (Paket Keahlian)
Selanjutnya C3 (Paket Keahlian) yang terdiri dari :
Penulisan Naskah
Manajemen Produksi
Penyutradaraan
Tata Kamera dan Pencahayaan
Tata Suara
Tata Artistik
Editing
Pengembangan Produk Kreatif

Metari utuhnya saya bahas pada buku MENJADI BROADCASTER VOL 2, bahkan pembahsannya cukup komplit dan lengkap. Kecuali hanya materi Pengembangan Produk Kretaif yang belum saya kupas tuntas, namun dapat Anda dapatkan materi tersebut pada buku PRODUKSI PROGRAM TV DRAMA Penerbit Grasindo utamanya di bab-bab akhir. Buku tersebut dapat Anda peroleh di TB Gramedia se-Indonesia.

Oleh
Anton Mabruri KN
Ketum AGBI 

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat