Tuesday, 17 July 2018

Pengantar Editing Film, Video dan Televisi 2
EDITING FILM DAN VIDEO
Mempelajari editing tidak dikhususkan bagi seseorang yang ingin berprofesi sebagai editor saja, tetapi juga dianjurkan bagi setiap kru film untuk memahami prosesnya. Belajar editing sebenarnya akan memabantu kita untuk berfikir secara editorial dari awal perencanaan produksi hingga pascaproduksi. Editorial thingking merupakan pola berfikir di mana ketika merencanakan shot kita sadar bahwa shot terersebut akan berhubungan dengan shot lain dan membentuk jalinan cerita. Hubungan antara satu shot dengan shot lainnya itulah yang sebenarnya menjadi inti dari editing. Meskipun kata kuncinya adalah kontinuitas, tetapi ada pula filmmaker yang sengaja membuat shot yang kontras dengan shot lainnya.

Berfiikir secara konsep edit banyak membantu mengurangi kesalahan produksi sehingga terbentuk jalinan adegan yang baik dan dramatik. Selain itu, berfikir dengan konsep edit membantu kita memahami seberapa perlu sebuah adegan dibagi dalam beberapa shot.

DEPARTEMEN EDITING
Dalam sebuah penggrapan film, terdapat tiga unsur posisi yang dianggap berkuasa untuk mengarahkan hassil karya. Posisi pertama pada tahap praproduksi adalah penulis skenario. Posisi kedua pada tahap produkis adalah sutradara, dan yang ketiga pada tahap pascaproduksi adalah seorang editor. Penulis skenario berkuasa atas jalannya cerita dan penokohannya, sutradara berkuasa untuk menerjemahkannya ke dalam bentuk audio visual, sedangkan editor berkuasa untuk mengemas atau membungkus materi pengambilan gambar untuk kemudian disusun kembali menjadi sebuah jalinan cerita yang memilliki nilai dramtisasasi dan estetis.

Editor adalah orang terakhir dari seluruh pekerja produksi. Pekerjaanya adalah mengkolaborasikan berbagi unsur kreatif sehingga mampu memberikan sentuhan seni pada hasil akhir film. Dalam departemen editing tersebut, seorang editor dibantu oleh beberapa asistan yang berfungsi sebagai operator atau sebagai pencatat adegan disaat masih offline, termasuk sound engineer atau sound director.

Baca : Pengantar Editing Film, Video dan Televisi 3

Disarikan dari Buku Teori Dasar Editing Produksi Program Televisi dan Film 

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat