Thursday, 28 February 2019

PRA PRODUKSI Program Televisi Drama

Praproduksi di sini adalah prakondisi mempersiapkan segala kebutuhan syuting baik bersifat administrasi atau pun teknik. Persiapan produksi dimaksudkan agar kerja eksekusi/produksi di lapangan lebih efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya (on time on budget). Demikian juga supaya mekanisme kerja antar kru produksi menjadi lebih efektif. Ada sekitar 30an tahapan persiapan yang harus dijalankan, berikut beberapa persiapan produksi yang dilakukan.

1. MENGEMBANGKAN SKENARIO (BRAINSTORMING)
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengolah ide cerita menjadi sebuah skenario dengan beberapa tahap yang biasa dilalui agar arahnya jelas, tidak melenceng jauh dari ide dasar (basic story), dan agar kerangka ceritanya terkunci.

Selanjutnya adalah mengolah kembali skenario draft awal yang telah disetujui produser untuk kemudian dikembangkan atau pun disusutkan guna mendapatkan draft final skenario. Hal tersebut bisa dilakukan melalui beberapa kali briefing pra produksi triangle system, yakni produser, sutradara, dan penulis skenario. Salah satu tujuan pembicaraan draft final skenario adalah untuk menyesuaikan konsep produksi dengan budget yang tersedia, dengan pertimbangan durasi yang akan dihasilkan, serta kemungkinan-kemungkinan lain yang menyangkut kebutuhan dan ketersediaan pada tahap produksi berikutnya. Tahapan ini sering disebut juga dengan bedah skenario. Idealnya tahapan ini juga dihadiri oleh masing-masing kepala departemen, hal ini bertujuan agar efektifitas kerja tercapai disamping itu rasa egaliter (kekeluargaan) antar kru pun akan terjalin dengan baik.

Disarikan dari buku MENJADI BROADCASTER TV VOL. 2 (FORMAT DRAMA)

BERSAMBUNG... 

Web ini dikelola oleh admin. Anton Mabruri adalah seorang Filmmaker, Broadcaster, Penulis, Designer Grafis, Motivator, Teacher, dan Manusia Biasa. Ia hanya ingin MEMPERBAIKI INDONESIA.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
Mahapatih Anton
+62 8571 55 33 0 88
Kota Depok, Jawa Barat